Langkah-Langkah konfigurasi DHCP server pada Ubuntu 9.10 adalah sebagai berikut :

1.ketik sudo pico /etc/network/interfaces untuk mengedit settingan eth0 menjadi static

#sudo pico /etc/network/interfaces

klo udah jangan lupa di save ctrl+X ,Y trus ENTER.
2.nah….klo udah langsung di restart aja konfigurasi interfacenya dengan cara

# sudo /etc/init.d/networking restart

3.ketik ifconfig untuk melihat konfigurasi interface

#ifconfig

4.lalu selanjutnya saatnya untuk menginstall DHCP-servernya….

sebelumnya ketik “sudo su” dulu biar ga usah ketik sudo-sudo lagi…..capek….hehehheeee

cara install nya adalah ketik :

#apt-get install dhcp3-server

5.kalo udah langsung ketik aja

#pico /etc/default/dhcp3-server       +enter

ntar nongol seperti di bawah ini

nah cari aja di dalam file tersebut tulisan INTERFACES ” ” ….tanda kutip yang masih kosong di isi dengan tulisan eth0. . kalo udah di isi save file tersebut ctrl+X ,Y trus ENTER.

6. langkah selanjutnya adalah ketik
#pico /etc/dhcp3/dhcpd.conf

tar file di dalamnya di hapus aja…trus di ganti sama punya gw yang di bawah ini

ip dan lainnya sesuai kebutuhan anda..

kalo udah seperti biasa di save…
8.lalu restart dhcp servernya dengan cara
#/etc/init.d/dhcp3/dhcp-server restart

nah karena Ubuntunya adalah Virtual OS yang gw install di Vbox maka langsung terkoneksi oleh windows XP gw(main OS) melalui interface loopback….nah tar di loopbacknya di setting automaticly configuration langsung secara otomatis dapet IP dari server dhcp Ubuntu

nih hasilnya….

mungkin itu ajja yang bisa di sampaikan …
jika ada keslahan atau kerancuan silahkan cari referensi lain karena gw juga masih belajar…

—–selamat mencoba—-